Updates

Blog
19 Januari 2018
Alasan Mengapa Manajemen Aset Sangat Penting Untuk Sebuah Perusahaan

Aset atau dalam bahasa akuntansinya disebut aktiva merupakan kekayaan sumber daya yang dimiliki oleh entitas dalam bisnis yang terukur secara jelas. Aset biasanya diukur dalam sebuah satuan uang. Misalnya sebuah perusahaan properti akan membuat daftar  asetnya dari barang yang nilainya paling berharga. 

Aset juga merupakan harta kekayaan perusahaan yang dipakai untuk sebagai sumber dana operasional perusahaan supaya tercapainya tujuan perusahaan. Aset dapat bermanfaat secara langsung maupun tidak langsung dan sifatnya produktif serta masuk dalam yang dapat menghasilkan kas maupun setara dengan kas. 

Untuk memperoleh aset perusahaan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu dengan cara diproduksi sendiri ataupun dengan membeli, bisa juga dengan pertukaran aset dan sumbangan dari pihak lain. 

Menurut wujudnya aset dapat dikategorikan dengan berwujud (Tangible) dan tidak berwujud (Intangible). Berikut barang berupa aset yang perlu Anda ketahui yaitu uang tunai (kas), tanah, bangunan, peralatan, perlengkapan, sewa, hak paten dan lain sebagainya. 

Manajemen aset dalam sebuah perusahaan sangat penting dilakukan agar semuanya berjalan dengan baik. Manajemen yang baik akan menghasilkan pengeluaran yang berkurang dan dapat pula menjadi tambahan untuk uang kas (tunai).

Manajemen aset tidak terpisahkan dari pengelolaan aset secara strategis harus melibatkan semua level manajemen dan diimplementasikan secara komperhensif di semua departemen. Berikut beberapa alasan mengapa manajemen aset perusahaan sanget penting dilakukan. 

1.    Meningkatkan Keamanan

Aset milik perusahaan otomatis akan terlindungi dan aman apabila perusahaan menerapkan manajemen aset sehingga hal ini akan meminimalisir risiko rusak atau hilangnya aset perusahaan. 

2.    Manajemen Risiko
Manajemen ini sangat penting karena dapat menciptakan kesadaran perusahaan tentang adanya bahaya dari aset yang dimiliki perusahaan. Manajemen risiko ini berarti suatu metode pengelolaan ketidakpastian berupa ancaman dan lain sebagainya. 

3.    Memudahkan Penyusunan Anggaran
Konstruksi, pembelian barang, pemeliharaan hingga dana untuk memperpanjang usia dan atau menghapus aset perusahaan akan lebih mudah disusun ketika sudah terlaksananya manajemen aset. 

4.    Menghindari Pembelian Berlebih
Perusahaan dengan adanya manajemen aset dapat lebih mudah mengontrol pembelian aset dengan baik sehingga tidak terjadi pembelian berlebih. 

5.    Mengontrol Penyusutan Aset
Penyusutan aset merupakan salah satu risiko yang pasti terjadi atas penggunaan aset tetap mulai dari penyusutan nilai hingga fungsinya. Tetapi dengan adanya manajemen aset, perusahaan akan mudah melakukan pengontrolan terhadap penyusutan yang terjadi. Laporan aset ini juga masuk kedalam laporan keuangan perusahaan karena berkaitan nilai uang yang dimiliki perusahaan. 

6.    Menjaga Nilai Aset
Perusahaan dapat menjaga nilai aset yang dimiliki dengan melakukan manajemen aset secara baik. Kerusakan, kehilangan dan semua risiko yang berkaitan dengan aset dapat di minimalisir untuk menjaga usia aset lebih panjang. 

Untuk mempermudah pengontrolan aset atau manajemen aset Anda, gunakan SISCOM Accounting Software  yang memiliki berbagai keunggulan, diantaranya:

Tunggu apa lagi, silahkan klik di sini untuk info lebih lanjut.  

 

Blog
The latest blog.