Updates

Blog
25 Januari 2018
Hal Penting Dalam Akuntansi Perusahaan Dagang Yang Mesti Anda Ketahui

Perusahaan dagang merupakan sejenis perusahaan yang kegiatan utamanya melakukan transaksi pembelian barang dari supplier atau biasa dikenal juga dengan pemasok, kemudian dijual lagi ke konsumen tanpa mengubah wujud barang tersebut dengan nilai jual yang tinggi. Yang termasuk dalam golongan perusahaan dagang ini seperti distributor, agen tunggal, pengecer, swalayan, toko serba ada, pusat perbelanjaan atau pusat barang-barang grosir.

Siklus operasional dari perusahaan dagang ada empat macam yaitu pembelian, penjualan, arus kas dan persediaan barang (stok). Pada dasarnya, kegiatan utama perusahaan  dagang adalah melakukan jual beli barang dagang yang berupa bahan baku, bahan setengah jadi ataupun barang jadi.

Berdasarkan ruang lingkupnya, jenis-jenis perusahaan dagang dibagai menjadi dua jenis, yaitu :

  • Pedagang Besar adalah pedagang yang melakukan pembelian barang yang berasal dari produsen dan menjualnya ke para pedagang kecil.
  • Pedagang Kecil adalah pedagang yang melakukan pembelian barang dengan dari pedagang besar dan menjualnya ke konsumen secara eceran

 

Dalam semua siklus yang terjadi pada perusahaan dagang, berikut hal-hal penting dalam pengelolaan perusahaan dagang yang harus Anda ketahui.

1. Aliran Kas (cash flow)

Inti dari pengelolaan perusahaan adalah aliran keuangan atau aliran kas (cash flow). Pengelolaan dana yang ada dalam suatu kas dengan baik akan mempengaruhi semua aktivitas perusahaan. Baik itu dana untuk operasional perusahaan, hutang piutang, dan lain sebagainya. Oleh Karena itu, laporan keuangan, khususnya kas masuk sangat penting bagi sebuah perusahaan dagang.

2. Rekening akuntansi yang digunakan

Dalam sebuah perusahaan dagang, akun-akun yang digunakan lebih beragam dibanding perusahaan jasa. Hal ini akan sangat terbantu bila perusahaan dagang tersebut menggunakan software akuntansi. Karena umumnya software tersebut sudah menyediakan rekening standar akuntansi.

3. Pencatatan Persediaan (Inventory control)

Pencatatan stok persediaan barang dalam akuntansi dibedakan menjadi dua jenis yaitu metode persediaan periodic dan perpetual. Dalam metode periodic, adanya transaksi pembelian tidak didebet pada rekening persediaan namun pada rekening pembelian. Begitu halnya dengan transaksi penjualan. Namun, pada metode perpetual, jumlah penjualan dan harga pokok penjualan dicatat di setiap barang yang dijual sehingga catatan akuntansi terus-menerus memperlihatkan jumlah persediaan yang ada.

4. Utang – Piutang

Utang usaha yang lancar menjadi kekuatan sebuah perusahaan dagang dalam menjaga stok persediaannya agar terus ada. Supplier atau pemasok akan lebih terbuka dengan Anda apabila Anda membayar

5. Profit perusahaan

Tanpa profit, perusahaan akan susah memperoleh keuntungan sehingga membuat perusahaan tidak berkembang. Jika perusahaan mengalami hal ini, maka perusahaan akan kalah bersaing dengan perusahaan lain dan bisa membuat perusahaan gulung tikar. Anda harus terus berinovasi dan kreatif dalam mengebangkan bisnis sehingga tidak akan kalah bersaing dengan perusahaan lain.

 

Saat ini banyak pilihan software akuntansi, ada juga untuk semua informasi yang dibutuhkan perusahaan seperti perusahaan dagang seperti stok barang, transaksi penjualan dan pembelian, utang-piutang, biaya operasional perusahaan tersebut beserta laporan keuangannya. SISCOM Accounting Software adalah aplikasi yang menyediakan semua kebutuhan pelanggan mulai stok persediaan hingga laporan keuangan. Ingin tahu lebih lanjut ? Klik di sini

Blog
The latest blog.