Updates

Blog
27 Januari 2018
Memahami Tujuan Segmentasi Pasar Beserta Manfaatnya

Salah satu instrument penting bagi kegiatan pemasaran adalah melakukan segmentasi pasar yaitu pembagian kelompok-kelompok pembeli berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang berbeda, yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda dalam suatu pasar.

Sebab melalui segmentasi pasar inilah, strategi pemasaran yang sudah direncanakan dapat berjalan lancar sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan atau laba yang tinggi.

Adapun beberapa syarat suatu segmentasi adalah sebagai berikut:

1. Dapat diukur (Measurable)

Besar dan kecil serta luasnya daya beli segmentasi pasar tersebut harus dapat diukur

2. Dapat dicapai (Accessible)

Segmentasi pasar harus dapat dicapai sehingga dapat dijadikan target sasaran.

3. Cukup besar (Substansial)

Segmentasi pasar yang dicakup harus cukup luas sehingga dapat menguntungkan perusahaan ketika kelompok pasar dilayani oleh perusahaan.

4. Dapat dilaksanakan (Actionable)

Semua rencana ataupun program yang sudah disusun dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

 

Adapun maksud dan tujuan dilakukannya segmentasi pasar adalah sebagai berikut:

1. Target lebih mudah dibedakan

Konsumen adalah makhluk sosial yang unik dan menarik. Para konsumen memiliki selera dan jenis produk yang berbeda dan berkembang secara terus menerus.

Oleh karena itu, perusahaan akan memilih sekelompok konsumen dengan sifat yang hampir sama atau homogeny yang lebih mudah dipahami dan dipenuhi seleranya.

2. Pelayanan lebih baik

Segmentasi atau pengelompokkan pasar dapat dilakukan agar perushaan dapat memberikan pelayanan yang mengarah targetnya. Pelayanan yang baik dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu kualitas yang baik, harga terjangkau, serta pelayanan yang baik dan memuaskan.

3. Strategi pemasaran lebih tearah

Melalui segmentasi pasar, kesulitan perusahaan dalam melayani konsumen yang heterogen dapat diminimalisir karena dengan segmentasi pasar, perusahaan hanya akan melayani konsumen yang sifatnya homogen. Dengan hal tersebut, strategi pemasaran pun akan lebih terarah. Segmentasi membuat perusahaan lebih mudah menyusun marketing mix yang meliputi perencanaan produk, harga, distribusi dan promosi.

Terbentuknya segmentasi pasar dimaksudkan untuk mempermudah jalannya pemasaran. Beberapa manfaat yang timbul akibat adanya segmentasi pasar adalah sebagai berikut:

  • Perusahaan dapat mengatur produknya sesuai target dengan lebih baik
  • Perusahaan dapat membandingkan dan menemukan kesempatan didalam segmentasi pasar tersebut.
  • Perusahaan dapat mengelompokkan budget yang dimiliki secara tepat sehingga dapat disesuaikan dalam pos-pos pengeluaran sesuai rencana.
  • Segmentasi pasar membuat perusahaan memiliki daya tarik di bidang pemasaran sehingga banyak konsumen yang berminat.

 

Dalam suatu proses segmentasi yang dijalankan setiap perusahaan, muncul beberapa kriteria yang harus ada yaitu sebagai berikut.

1. Pemasaran massal

Pemasaran massal adalah suatu pemasaran yang ditandai dengan memproduksi, mendistribusikan dan mempromosikan secara massal suatu produk kepada semua konsumen. Strategi ini tidak banyak dipakai perusahaan. Beberapa perusahaan yang masih menggunakan ini adalah perusahaan yang konsumennya terbatas.

2. Pemasaran produk yang terdiferensiasi

Perusahaan membagi pasar dalam dua kelompok segmen atau lebih. Masing-masing segmen ditawarkan jenis produk yang berbeda dengan kelompok lain. Pembeda produk tersebut bisa dalam berbagai bentuk, seperti model, warna, ukuran, kualitas dan lain sebagainya.

Menurut Philip Kothler, Ahli Marketing, strategi untuk diferensiasi produk ini dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu:

  • Produk. Berupa fitur, spesifikasi, warna, desain, performance dan lainnya.
  • Layanan. Berupa kecepatan, kemudahan, layanan pesan antar, empati dan berbagai hal lain.
  • Saluran distribusi. Berupa bentuk slauran distribusi, keluasan distribusi, kemampuan penjual dan lainnya
  • SDM. Berupa budaya kerja, skill dan lainnya.
  • Citra Perusahaan. Berupa merk, logo, asosiasi karakter dan lainnya.

3. Pemasaran sasaran

Perusahaan akan memfokuskan usaha pemasarannya hanya pada satu atau beberapa kelompok segmen pasar tertentu saja dengan cara melakukan bauran produk, harga, distribusi dan promosinya hanya untuk kelompok tertentu.

 

Strategi ini saat ini banyak dilakukan karena tingkat persaingan antar produk sangat tinggi. Kondisi pasar yang sangat kompleks menuntut adanya pembedaan produk.

Selain segmentasi pasar yang baik, dalam suatu perusahaan dituntut juga untuk melakukan pengelolaan keuangan dengan baik sehingga menunjang proses pemasaran hingga sukses. Dengan pengelolaan keuangan yang baik maka anggaran untuk melakukan berbagai hal dapat dikembangkan dengan baik juga. Salah satunya pemasaran. SISCOM Accounting Software adalah software akuntansi berbasis premise yang saat ini sudah tersedia dalam bentuk SISCOM ONLINE juga yang dapat membantu Anda dalam melakukan pengelolaan keuangan dengan sangat mudah dan murah. Selain itu data yang Anda perlukan disajikan secara real-time dan akurat. Info lengkap klik di sini.

Blog
The latest blog.