Updates

Blog
31 Januari 2018
Empat Alasan Kontrol Stok Persediaan Penting Bagi UKM

Hal yang harus diperhatikan ketika Anda membuka suatu usaha baru adalah menjalankan bisnisnya dengan baik dengan mengelola usaha secara tepat. Mengelola usaha dilakukan dengan mengelola keuangan, mengelola stok barang, mengelola sumber daya manusia hingga mengelola aset.

Stok barang atau inventory control menjadi salah satu hal yang penting yang harus dikelola dengan baik karena sangat mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan pebisnis. Berikut alasan mengapa kontrol stok persediaan sangat penting dilakukan.

1. Menghemat Waktu dan Uang

Keuntungan pertama melakukan kontrol stok barang adalah dapat menghemat waktu bekerja karena Anda memerlukan waktu tambahan untuk melakukan penghitungan ulang. Sistem ini akan mencatat seluruh barang yang keluar dan masuk sesuai dengan catatan Anda.

Selain waktu, Anda juga dapat menghemat uang, karena Anda akan mudah untuk mengetahui produk mana saja yang masih ada persediaannya dan lambat terjual sehingga intensitas produksi produk tersebut dapat Anda turunkan.

2. Mampu Mengatur Gudang

Sistem pengontrolan yang baik akan membantu Anda mengatur stok barang dalam gudang. Ketika barang yang ada didalam gudang tidak teratur, Anda akan sulit mencari stok barang yang akan Anda butuhkan. Sehingga Anda pun kesulitan unuk menghitung jumlah stok persediaan belanja bahan baku untuk proses produksi selanjutnya.

3. Meningkatkan Efisiensi Perusahaan

Dengan melakukan kontrol stok persediaan, Anda juga dapat menggunakan beberapa perangkat yang akan membantu proses kontrol tersbeut seperti barcode scanner atau software inventory. Kedua perangkat tersebut dapat membantu Anda untuk mempercepat proses pencatatan produk sehingga waktu yang Anda miliki dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan lain.

4. Meningkatkan akurasi pesanan stok barang

Kontrol stok persediaan akan membantu Anda dalam berbelanja barang-barang apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda sehingga tidak terjadi kekurangan bahan baku.

 

Meskipun Nampak sederhana, mengelola stok barang tidaklah mudah seperti menghitung saldo, menentukan harga pokok, menjual dan lain sebagainya. Dibutuhkan beberapa langkah yang valid dan perhitungan yang detail untuk mendapatkan hasil optimal. Berikut langkah-langkah kontrol stok barang.

- Stok Barang Resiko Hilang Tinggi

Pada dasarnya dalam melakukan kontrol stok persediaan, Anda harus mengelompokkan item barang apa saja yang beresiko tinggi untuk hilang. Misalnya barang yang mudah disembunyikan.

- Stok Barang Harga Mahal

Selain barang yang mudah disembunyikan, barang dengan harga jual mahal juga akan mudah hilang terlebih jika ukurannya kecil. Karena itu Anda harus dapat mengantisipasinya agar tidak hilang dengan cara melakukan kontrol stok persediaan secara rutin.

- Stok Barang Terjual

Mengontrol stok barang yang telah habis terjual harus dilakukan setiap hari karena meminimalisir barang yang hilang ataupun luput dari pencatatan. Selain itu, pengontrolan seperti ini juga berfungsi untuk menyamakan perhitungan dari catatan sebelumnya dengan fisik barang yang ada di toko Anda.

- Stok Barang dengan Sistem Acak

Barang datang yang selalu berubah-ubah dari bentuk hingga harga membuat hal tersebut harus selalu dimasukkan ke dalam stok. Tanpa adanya pengontrolan stok, hal tersebut akan sangat membingungkan. Oleh karena itu, kontrol stok persediaan harus dilakukan secara rutin sehingga tidak merugikan perusahaan ataupun pelanggan Anda.

- Stok Barang Restan

Barang-barang yang tidak laku dijual harus dikontrol dengan lebih teliti untuk menghindari kehilangan. Karena barang restan biasanya luput dari pencatatan.

 

Pengontrolan stok persediaan seperti ini nharus didukung dengan adanya aplikasi software akuntansi yang mempermudah melakukan semua prosesnya. Dengan menggunakan bantuan software, kontrol stok persediaan akan lebih mudah dan cepat.

Fitur-fitur seperti informasi saldo, pembelian dan retur pembelian, penjualan dan retur penjualan, pajak, metode FIFO (First In, First Out), jurnal penyesuaian, perakitan barang dan lain sebagainya sudah dimiliki oleh SISCOM Accounting Software.

Gunakan software akuntansi yang mengakomodir semua kebutuhan pengendalian persediaan stok barang jualan Anda seperti SISCOM Accounting Software. Ingin tahu lebih lanjut ? klik di sini.

Blog
The latest blog.