Updates

Blog
02 Februari 2018
Cara Membuat Neraca Keuangan Sederhana Untuk Bisnis Anda

Tantangan atau hambatan yang paling sering ditemui oleh pelaku bisnis adalah proses pembuatan laporan keuangan. Salah satu yang harus ada didalam laporan tersebut adalah Neraca Keuangan. Neraca atau dikenal dengan Balance Sheet.

Neraca keuangan memiliki peran yang sangat penting untuk sebuah perusahaan. Mengapa ? Neraca memuat informasi yang sangat jelas mengenai kondisi keuangan sehingga para calon investor dapat mengambil keputusan untuk keuangan Anda.

Neraca berisi informasi tentang aktiva, kewajiban dan ekuitas pemegang saham (pemilik). Informasi tersebut digunakan untuk menganalisis berbagai macam hal yaitu likuiditas, solvensi, fleksibilitas keuangan perusahaan dan lain sebagainya. Selain beberapa hal tersebut, neraca juga dapat digunakan untuk melihat estimasi ketidakpastian arus kas di masa depan.

Berikut adalah cara membuat neraca yang benar.

  1. Proses pembuatan neraca keuangan, pisahkan antara sisi kiri untuk Aktiva dan sisi kanan untuk Kewajiban dan Modal.
  2. Disisi Aktiva, catat semua akun yang berkaitan dengan Aktiva tersebut. Hal itu termasuk Aktiva Lancar.  
  3. Pada sisi Kewajiban dan Modal, catat semua akun yang berkaitan. Akun dan nilai kewajiban bisa dilihat sesuai dengan neraca lajur yang dibuat sebelumnya. Sedangkan modal, Anda hanya memasukkan nilai modal akhir yang sudah dihitung sendiri.
  4. Nilai total Aktiva dan Pasiva memiliki nilai total yang sama, apabila memiliki hasil yang berbeda, berarti ada kesalahan yang mungkin terjadi mulai dari saat pencatatan, penjurnalan hingga penyesuaian bisa saja terjadi.

Dengan membuat neraca keuangan, Anda dapat mengetahui posisi normal suatu akun jurnal berdasarkan rumus keseimbangan tersebut dimana sisi kiri (harta) menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada sisi harta akan menambah kas di sisi debit (normal).

Beberapa hal yang termasuk dalam kelompok harta ataupun aktiva adalah sebagai berikut:

  • Kas,
  • Surat berharga
  • Deposito
  • Piutang usaha
  • Persediaan
  • Pendapatan
  • Investasi jangka panjang
  • Hak paten

Selain itu, manfaat utama membuat neraca keuangan dalam suatu perusahaan adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai laporan untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan seluruh tindakan perusahaan di masa mendatang
  2. Untuk melunasi kewajiban jangka pendek dengan harta bergerak yang dimiliki
  3. Untuk menunjukkan kemampuan perusahaan untuk segera melunasi utang-utang mereka sebelum tanggal jatuh tempo.

 

Neraca keuangan pada umumnya hanya mencatat harta, kewajiban dan modal perusahaan di satu periode tertentu. Bentuknya ada dua yang umum dipakai yaitu

1. Neraca Keuangan Anggaran dan Realisasi

Dalam neraca ini terdapat dua lajur untuk menuliskan angka nominal anggaran dan yang sesungguhnya terjadi.

2. Neraca Keuangan Sederhana

Hanya terdapat satu lajur dalam neraca keuangan sederhana untuk menulis nominal angka anggaran realisasi.

 

Untuk Anda yang termasuk dalam pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang belum dapat membuat laporan keuangan, berikut langkah untuk membuat neraca keuangan sederhana yang dapat dilakukan.

  1. Pada dasarnya, tujuan utama neraca adalah memberitahukan kekayaan dan sumber kekayaan perusahaan kepada stakeholders atau pengguna informasi.
  2. Neraca dibuat dengan mengutip saldo akun harga (aktiva) dan akun utang pada kertas kerja. Pada akun modal, yang ditulis hanya laporan perubahan modal karena yang ditampilkan neraca adalah modal akhir. Sedangkan dalam kertas kerja hanya tercantum modal awal.
  3. Dalam neraca, terdapat tiga kelompok yaitu aktiva, kewajiban dan ekuitas. Didalamnya juga terdapat sub kelompok yaitu aktiva lancar, aktiva tetap dan aktiva tidak berwujud.

 

Di era modern seperti saat ini, sudah banyak tersedia software yang memudahkan Anda untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Salah satu software akuntansi terbaik di Indonesia adalah SISCOM Accounting Software yang sangat mudah penggunaannya. Dilengkapi dengan beragam fitur yang menunjang pengelolaan keuangan bisnis Anda untuk semakin maju dan berkembang. Info lebih lanjut, klik di sini.

Blog
The latest blog.