Updates

Blog
03 Februari 2018
Strategi Pajak Yang Harus Dilakukan Pada Bisnis UKM Anda

Usaha Kecil Menengah atau UKM saat ini banyak dibangun oleh pebisnis pemula yang masih mencoba-coba untuk berbisnis. Persaingan ketat antar pebisnis UKM membuat hal ini menjadi tantangan besar bagi pebisnis pemula.

Bedanya antara UKM dan bisnis besar adalah dari target sasaran dan modal awal yang dimiliki. UKM saat ini banyak dijadikan sebagai sarana pembelajaran banyak orang yang menawarkan berbagai pengalaman unik sehingga tak jarang orang mulai terjun sebagai pelaku bisnis UKM.

UKM juga dijadikan investasi bisnis di masa depan karena cukup berpotensi dan tidak memerlukan banyak modal. Karena, semakin banyaknya pelaku usaha yang tumbuh, semakin maju juga negara karena penduduknya memperoleh banyak keuntungan.

Selain itu, bisnis yang Anda jalankan haruslah pula rajin membayar pajak tepat pada waktunya. Pencatatan keuangan bisnis Anda harus selalu rapid an juga Anda dituntut untuk selalu memiliki strategi dan manajemen tentang pajak. Ini akan sangat meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan karena beban pajak perusahaan akan berkurang. Seluruh bisnis, UKM sekalipun harus membayar pajak.

Berikut adalah beberapa strategi pajak yang dapat Anda implementasikan untuk kelangsungan bisnis UKM Anda.

1. Prioritaskan keseimbangan pajak

Semua kegiatan yang dilakukan haruslah diawali niat. Anda harus memilih hal apa saja yang ANda prioritaskan. Jadikanlah keseimbangan pajak sebagai salah satu prioritas utama perusahaan.

2. Hindari pelanggaran dari peraturan perpajakan

Dengan memahami betul peraturan perpajakan yang berlaku, Anda secara otomatis akan menerapkan strategi pajak doable. Dengan hal itu, Anda dapat meminimalisir atau bahkan menghindari sanksi perpajakan berupa sanksi administrasi dan sanksi denda.

3. Tax saving dan Tax avoidance

Tax saving adalah upaya efisiensi beban pajak melalui pemilihan alternative dengan biaya yang rendah. Misalnya sebuah perusahaan yang memiliki penghasilan kena pajak lebih dari 100 juta melakukan pemberubahan pemberian natura kepada karyawan menjadi berbentuk uang.

Sedangkan tx avoidance adalah upaya efisiensi beban pajak dengan cara mnghindari pengenaan pajak melalui transaksi yang bukan merupakan objek pajak. Misalnya saat UKM mengalami kerugian, tunjangan karyawan yang biasanya diberikan dalam bentuk uang, diubah menjadi natura dan lain sebagainya.

4. Buat tabungan pensiun

Apabila UKM Anda memiliki aliran kas atau cash flow yang cukup baik, Anda bisa menyimpan lebih pemasukan Anda agar tidak terkena pajak dengan cara menginvestasikannya untuk biaya pension nanti. Ada baiknya Anda konsultasikan dulu dengan pihak professional agar dapat menyeimbangkan kondisi finansial pribadi Anda dengan bisnis UKM yang Anda jalani.

 

Sebagus apapun strategi pajak yang Anda susun tidak akan maksimal jika laporan keuangan Anda tidak tersusun rapi. Gunakan software akuntansi SISCOM Accounting Software untuk keperluan penyusunan laporan keuangan Anda sehingga Anda dengan mudah mendapatkan laporan keuangan. Anda juga dapat bekerja secara praktis dan efisien sehingga tidak akan terjadi keterlambatan pelaporan pajak.  

 

 

 

Blog
The latest blog.