Updates

Blog
05 Februari 2018
Lima Fungsi Manajemen Keuangan Agar Bisnis Lebih Baik

Dalam membangun sebuah bisnis, uang menjadi hal yang sangat penting dalam perusahaan. Perputaran dan pengelolaan uang dalam sebuah perusahaan tentu harus secara bijak demi kelangsungan finansial perusahaan. Jika tidak, maka pemasukan dan pengeluaran akan tidak berbanding lurus dan rancu.

Berikut beberapa fungsi manajemen keuangan dalam bisnis yang perlu Anda ketahui agar bisnis Anda berjalan baik.

1. Rencana keuangan jelas

Ketika Anda memulai bisnis, rencana keuangan bukan saja diperlukan namun juga dibutuhkan. Sama halnya dengan saat Anda ingin mengembangkan bisnis Anda. Rencana keuangan akan menjadi pedoman Anda dalam membelanjakan uang sehingga pengeluaran bisnis Anda menjadi lebih efisien.

Hal ini akan sangat membantu Anda memberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan profit lebih banyak.

2. Jumlah utang diketahui

Salah satu tujuan adanya manajemen keuangan adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan perusahaan, berapa kekayaan yang dimiliki perusahaan dan berapa besar utang yang ditanggung perusahaan.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengambil keputusan yang berguna bagi perusahaan kedepannya. Misalnya dengan mencari pinjaman atau mengelola sendiri uang yang sudah ada.

3. Saat terjadi perubahan, keuangan dapat dikendalikan

Pada dasarnya, fungsi manajemen keuangan adalah mengendalikan keuangan perusahaan itu sendiri baik usaha kecil maupun perusahaan yang sudah mapan. Sebanyak apapun pemasukan, jika pengeluarannya tidak terkendali maka perusahaan akan bangkrut.

4. Menghindari kesalahan penggunaan uang

Bagi pelaku bisnis, proses audit atau pemeriksaan keuangan tidak terlalu diperlukan. Tetapi jangan salah, untuk perusahaan besar. Audit sangat diperlukan. Hal ini terkait dengan kemungkinan-kemungkinan penyelewengan yang terjadi oleh oknum-oknum tidka bertanggung jawab sehingga biaya operasional membengkak.

5. Menyimpan uang 

Tujuan manajemen keuangan terakhir adalah untuk mengetahui besarnya laba yang Anda peroleh dan juga berapa persen rata-rata pemasukan Anda. Hal ini sangat berguna apabila Anda ingin menyimpan anggaran.

Dalam berbisnis, hal ini sangat membnatu sebagai dana tak terduga. Misalnya perusahaan suatu waktu mengalami kerugian atau pemasukan menurun drastic, dana ini dapat digunakan sebagai modal bisnis kembali.

Masih banyak fungsi manajemen keuangan, namun yang paling penting adalah kelima hal diatas. Tidak jarang perusahaan kecil menghentikan kegiatannya karena kondisi keuangan yang tidak stabil karena manajemen keuangan keuangan yang tidak pasti dan tidak jelas. Jadi, agar lebih mudah mengontrol keuangan bisnis Anda, gunakan SISCOM Accounting Software sekarang juga. Info lebih lanjut klik di sini.

Blog
The latest blog.