Updates

Blog
10 Februari 2018
3 Alasan Mengapa Sistem Akuntansi Berpengaruh Pada Perusahaan

Hal yang sangat berpengaruh pada proses perkembangan performa perusahaan salah satunya adalah sistem akuntansi perusahaan tersebut Sistem akuntansi yang buruk dapat menambah buruknya kondisi finansial yang ada.

Kemungkinan hal tersebut dapat terjadi dapat disebabkan beberapa hal yaitu jumlah keuntungan yang tidak memadai namun hal itu digunakan untuk menutupi pengeluaran tambahan dan terlalu banyaknya pengeluaran yang digunakan untuk suatu pekerjaan atau klien.

Akuntansi sangat berperan dalam dunia usaha agar usaha. Agar usaha yang dijalankan dapat berjalan lancar, sistem akuntansi yang digunakan juga harus berjalan baik sejak awal. Apabila Anda tidak menjalankan dengan baik, maka Anda dapat berisiko kehilangan pemasukan.

Berikut beberapa alasan yang menyebabkan pentingnya sistem akuntansi dalam sebuah perusahaan.

1. Segala hal yang berkaitan dengan pelanggan

Tidak ada bisnis yang tidak berkaitan dengan pelanggan. Namun, seringkali ketika transaksi bisnis berjalan, pelanggan akan dikenakan faktur (invoice) penjualan yang biasanya tidak akan mereka bayar saat itu juga. Selang waktu bahkan bisa mencapai 2-3 bulan dan ketika mereka melakukannya, kemungkinan besar mereka akan melakukan pembayaran lebih dari satu invoice. Sistem akuntansi yang baik akan memungkinkan Anda mengetahui pelanggan mana yang selalu telat melakukan pembayaran.

2. Dalam akuntansi bisnis seluruh informasi penting

Akuntansi bisnis berisi tentang informasi dasar penjualan, jumlah kas, laba rugi dan lain sebagainya. Hampir seluruh keputusan yang dibuat dalam bisnis didasarkan pada rekening perusahaan.

Para pelaku usaha bisa saja mempercayakan pengelolaan keuangannya pada software akuntansi, tetapi mereka sendiri harus mencocokkan rekening bank mereka demi memastikan bahwa setiap transaksi berjalan akurat. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir kesalahan seperti salah pengetikan, salam memasukan data dan lain sebagainya.

3. Tidak rutin mengecek invoice

Sistem akuntansi yang baik mendukung Anda untuk melakukan pengecekan kondisi finansial secara mudah dan praktis sehingga Anda tidak akan enggan melakukannya secara rutin. Yang terprnting adalah sistem akuntansi yang harus diperiksa adalah invoice.

Setiap invoice yang dimasukkan pada pembukuan akuntansi harus diperiksa minimal sebanyak dua kali, mulai dari pajak, harga, track pengiriman dan lain sebagainya.

SIstem akuntansi yang baik adalah langkah awal kesuksesan usaha Anda. Ketika Anda sudah mampu mengelola dana secara konsisten serta akurat, akan sangat berpengaruh untuk keseluruhan aspek bisnis.

SISCOM Accounting Software adalah software akuntansi yang dapat Anda gunakan sebagai pengelola keuangan Anda. Untuk mengelola keuangan bisnis Anda, konsultasikan dengan akuntan ahli di sini.

Blog
The latest blog.