Updates

Blog
11 Februari 2018
Strategi Pemasaran Yang Harus Anda Lakukan Agar Laba Meningkat

Dalam berbisnis, setiap pelaku usaha membutuhkan pemasaran. Upaya pemasaran yang dilakukan merupakan strategi bisnis dalam rangka menjual produk. Penjualan akan terus meningkat apabila upaya pemasaran selalu konsisten dilakukan dan juga selalu melakukan inovasi terhadap strategi yang dijalankan.

Tanpa pemasaran yang baik, mustahil rasanya untuk menjual produk kepada konsumen. Karena, pemasaran adalah jantung perusahaan. Perputaran barangpun tidak akan terjadi apabila terdapat hambatan pada bagian pemasaran.

Berikut beberapa cara klasik dalam pemasaran yang tetap digunakan hingga saat ini.

1. Melayani dengan Sepenuh Hati

Dalam melayani pembeli, seorang penjual harus memiliki sikap sabar dengan sepenuh hati. Hal ini ditunjukkan dengan ekspresi penjual tersebut. Selain itu pertanyaan yang diajukan pembeli harus dijawab dengan jelas dan tulus.

Usahakan memberikan penjelasan sedetail mungkin kepada pembeli sehingga pembeli tidak perlu menanyakan kembali hal yang sama kepada konsumen.

Tidak sedikit pembeli yang “rewel” dan menanyakan berbagai hal kepada penjual, namun penjual harus tetap bersikap ramah terhadap pembeli seperti itu.

2. Memberikan Diskon Cuma-Cuma

Hampir semua pembeli tergiur dengan adanya diskon. Pemberian diskon hanya boleh di berikan apabila pembeli membeli produk dalam jumlah besar agar Anda tidak mengalami kerugian.

Misalnya pembelian dengan Rp 250.000 akan mendapat diskon Rp 50.000 dan berlaku kelipatan. Dengan adanya pemberian diskon seperti ini, dijamin konsumen akan melirik usaha Anda.

3. Pendekatan secara Personal

Beberapa cara menilai pelayanan seperti adanya kuis, voucher dan lain sebagainya membuat hubungan personal dan kedekatan antara penjual dan pembeli terjalin erat.

Pembeli akan merasa nyaman dan percaya kepada penjual karena hubungan kepercayaan sudah terjalin.

4. Face to Face

Pemasaran dengan cara tatap muka mungkin sudah dianggap banyak orang ketinggalan zaman karena saat ini pemasaran sudah sangat mudah dilakukan dengan cara online yang lebih efektif. Namun jangan salah, penjual juga harus berinteraksi langsung dengan pembeli dengan menunjukkan produk yang dijualnya sehingga dapat melihat secara langsung seperti apa kualitas barang yang dijual.

5. Branding Produk

Branding produk adalah hal yang sangat penting dilakukan karena sama saja dengan mengetahui bagaimana masyarakat menggambarkan produk yang Anda jual. Branding bertujuan untuk memperkenalkan produk kepada masyakarat sehingga mereka paham mengenai spesifikasi produk yang Anda jual.

Pelaku usaha juga harus melakukan perbandingan produknya dengan produk lain yang serupa dengan menujukkan segala kelebihan dan kekurangan sehingga pembeli dapat mengetahui produk mana yang sesuai dengan kebutuhan.

6. Packaging Produk

Packaging atau kemasan produk adalah cermin dari isi produk. Oleh karenanya, buatlah kemasan produk semenarik mungkin namun harus tetap elegan, jangan sampai perpaduan warna dan gambar tidak seimbang sehingga menghasilkan kemasan yang “norak”.

Agar usaha yang dijalankan lebih berkelas mulailah belajar bagaimana mendesain suatu kemasan agar dilirik oleh pembeli. Kemasan yang baik dari segi ketahanan, warna hingga gambar dan tulisannya membuat produk juga cepat laku di pasaran.

7. Menunjukkan barang langsung ke konsumen

Saat berjualan produk offline. Dengan menunjukkan barang secara langsung pembeli dapat dengan jelas melihat kualitas barang yang dibelinya sehingga dirinya tidak akan meragukan bentuk dan kualitasnya.

Untuk Anda yang mengelola online shop. Usahakan untuk menunjukkan foto-foto asli agar pembeli tidak merasa tertipu saat barang tersebut sampai di tangannya.

8. Cepat tanggap

Layanan cepat tanggap adalah metode pelayanan untuk meningkatkan rasa kepercayaan konsumen terhadap penjual.

Andai penjual tidak bisa menjawab, berikan informasi kepada penjual agar bersedia menunggu jawaban yang diharapkan.

 

Untuk mempermudah keuangan bisnis Anda, gunakan SISCOM Accounting Software. SISCOM adalah software akuntansi yang mengerti semua kebutuhan Anda. Dengan menggunakan software ini, stok persediaan produk, catatan aliran kas hingga laporan keuangan dapat diperoleh dengan cepat. Untuk info lebih lanjut, silahkan klik di sini. 

 

Blog
The latest blog.