Updates

Blog
13 Februari 2018
Ingin Mulai Usaha ? Berikut Jenis Modal Yang Harus Anda Coba

Modal adalah hal terpenting yang harus ada dalam menjalankan usaha. Dengan adanya modal, Anda bisa membiayai bisnis yang Anda jalankan serta dapat digunakan untuk memproduksi barang yang akan Anda jual.

Selain menjadi hal terpenting, modal juga menjadi hambatan terbesarbagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan usahanya. Berikut adalah beberapa jenis pendanaan yang perlu Anda coba ketahui.

1. Modal Pribadi

Modal pertama yang harus Anda ketahui adalah modal pribadi. Modal pribadi artinya Anda menggunakan uang Anda sendiri untuk keperluan usaha. Yang pasti Anda harus memiliki sejumlah uang yang cukup untuk segala keperluan usaha Anda. Uang tersebut dapat Anda peroleh misalnya melalui tabungan gaji Anda saat masih bekerja menjadi karyawan ataupun sumber pendapatan lain. Modal jenis ini menguntungkan karena Anda tidak perlu membyara bunga dan kompensasi apapun.

Namun, selain kelebihan tidak membayar kompensasi atau bunga, modal pribadi juga ada kekurangannya yaitu Anda harus siap menghadapi segala resiko jika nanti usaha Anda ternyata gagal. Intinya, keuntungan dan kerugian penggunaan modal pribadi hanya akan Anda tanggung sendiri.

2. Modal Pinjaman

Pinjaman bank adalah salah satu modal yang umum digunakan pelaku usaha. Saat ini, bank-bank konvensional menyediakan berbagai pilihan pinjaman modal seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Usaha, maupun berbagai jenis pinjaman lainnya.

Selain bank, Anda juga dapat melakukan pinjaman modal kepada perusahaan penyedia pendanaan seperti fintech.

Jenis modal ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Hanya saja Anda harus siap dengan bunga dan kompensasi atas pinjaman tersebut. Besaran bunga tergantung dari tingginya resiko Anda gagal membayar pinjaman, semakin besar bunganya semakin tinggi resiko yang akan Anda hadapi.

3. Investor

Mencari pendanaan atau investor adalah salah satu cara Anda untuk memulai usaha. Penanaman modal dari investor biasanya dilakukan dengan harapan usaha yang Anda jalankan menuai keuntungan nantinya.

Jika Anda memutuskan menggunakan pendanaan dari investor dalam usaha Anda, maka investor juga berhak atas sebagian kepemilikan usaha. Selain itu, keuntungan Anda juga wajib Anda serahkan kepada investor berupa persenan sesuai kesepakatan.

4. Supplier dan Konsumen

Modal juga dapat digunakan melalui supplier atau konsumen, yaitu jika Anda menggunakan modal supplier, Anda harus membuat perjanjian jual beli barang yang dihasilkan. Anda juga berhak sebagai penjual produk yang dihasilkan supplier. Ketika produk atau barang terjual maka Anda harus membayar sejumlah uang sesuai produk yang terjual kepada supplier.

Selain itu Anda bisa gunakan sistem pre-order oleh karena itu Anda bisa menggunakan uang yang diberikan pelanggan untuk membeli produk yang Anda jual.

Selain itu, dalam berbisnis juga Anda harus mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan dari modal yang Anda gunakan. Gunakan software akuntansi untuk mempermudah Anda melakukan pencatatan aliran kas, mengecek stok persediaan barang, melihat laba dan rugi hingga membuat laporan keuangan.

Bisnis yang memiliki laporan keuangan cenderung lebih mudah mendapatkan pinjaman modal sehingga laporan juga membantu Anda memperoleh pinjaman modal dari bank maupun investor.

SISCOM Accounting Software adalah software akuntansi yang sesuai untuk segala jenis bisnis yang akan Anda jalankan. Fitur yang lengkap dan mudah dimengerti membuat SISCOM lebih unggul dibandingkan software akuntansi lain. Info lebih lengkap silahkan klik di sini.

Blog
The latest blog.