Updates

Blog
14 Februari 2018
Cara Tepat dan Mudah Membuka Bisnis Toko Handphone

Bisnis telepon seluler (ponsel) atau yang biasa dikenal dengan handphone memang selalu ramai. Fungsi handphone yang semakin canggih dari hari ke hari membuat semua irang membutuhkannya dan selalu membawanya kemanapun berada.

Hal ini membuat para pelaku usaha berlomba-lomba membangun usaha toko handphone. Sebelum Anda melakukan usaha, ada baiknya perhatikan tips berikut.

1. Paham Soal Handphone

Jika Anda berjualan perabotan dapur, Anda harus paham mengenai penggunaannya bukan ? Misalnya Anda menjual kompor listrik, Anda harus dapat menjelaskannya secara detail kepada pelanggan.

Begitu pula dengan berbisnis handphone. Anda harus paham betul tentang spesifikasinya. Misalnya cara menggunakannya seperti apa. Kegunaannya aplikasi yang ada untuk apa. Hingga And adapat membandingkan produk yang satu dan lainnya.

Pembeli akan membeli ponsel di toko Anda jika Anda dapat menempatkanproduk handphone yang sesuai dengan budget dan kebutuhan pelanggan.

1. Update Harga

Harga adalah salah satu hal yang menentukan Anda untuk membeli smartphone ataupun produk elektronik lainnya. Pertanyaan Anda kepada pelaku usaha pasti salah satunya, “Apakah ada promo ? Apakah harga ini sudah turun?” dan berbagai pertanyaan lainnya.

Sama seperti halnya jika Anda sebagai penjual. Anda juga tidak akan terlambat untuk menurunkan harga sama seperti toko lainnya. Turun naiknya harga handphone biasanya seiring kuat lemahnya kurs dollar. Anda juga harus selalu mengecek perkembangan terkini agar Anda tidak menjual barang terlalu mahal.

2. Update Barang

Saat ini, handphone-handphone terbaru sangat cepat muncul di pasaran. Berbagai brand handphone seperti Apple, Samsung, Oppo dan Xiaomi berlomba-lomba untuk meluncurkan produk terbaru mereka. Anda sebagai pemilik toko handphone tidak boleh ketinggalan meng-update informasi ponsel terbaru.

4. Perhatikan Budget

Anggaran atau budget membuka usaha jual beli handphone cukup besar. Untuk itu Anda tidak boleh sembarangan dan terburu-buru dalam melakukan perencanaan pembuatan toko handphone. Rencana yang Anda susun harus benar-benar matang agar terhindar dari resiko kerugian dan hal beresiko lainnya.

Modal yang tidak sedikit akan sangat merugikan Anda apabila barang yang Anda miliki tidak laku atau tidak dipilih oleh pelanggan. Oleh karena itu, susun budget secara detail dan hindari bahaya seperti ini.

5. Keamanan Ditingkatkan

Kemanan ekstra sangat dibutuhkan jika Anda berencana membuka toko handphone. Toko kelontongan saja bisa dibobol, apalagi toko Anda yang harga handphone-nya lebih mahal dari emas 2 gram. Apalagi handphone adalah barang yang bisa dijual dengan cepat karena semua orang membutuhkannya.

Lengkapi toko Anda dengan Closed Circuit Television (CCTV). Dengan memasang CCTV di toko handphone Anda, Anda dapat mengontrol lokasi yang Anda inginkan hanya dengan cara melihat monitor ataupun handphone.

6. Cari Agen Yang Bisa Dipercaya

Saat ingin membuka toko handphone tentunya Anda memilih supplier atau agen besar dimana pasokan handphone Anda benar-benar tersedia dengan harga murah namun original (asli). Maraknya handphone palsu dapat merugikan bisnis Anda, oleh karenanya hati-hatilah dalam memilih agen.

Pahami mana barang asli dan palsu kemudian cek garansinya. Beberapa pengusaha handphone yangs udha termasuk kawakan sekalipun sering ditipu. Setiap handphone memiliki serial number atau IMEI yang berbeda-beda.

Menjual ponsel adalah salah satu hal yang paling diminati saat ini, oleh karenanya Anda harus sangat berhati-hati saat mendalami bisnis ini. Gunakan software akuntansi yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis Anda sehingga dapat meminimalisir kerugian.

SISCOM Accounting Software dapat membantu Anda mengecek stok persediaan, tracking IMEI handphone hingga laporan keuangan bisnis dengan tepat, cepat dan mudah.

Info lebih lengkap silahkan klik di sini.

Blog
The latest blog.