Updates

Blog
15 Februari 2018
Hal Yang Harus Anda Hindari Dalam Berbisnis Agar Tidak Rugi

Usaha atau bisnis memerlukan biaya yang digunakan untuk membeli peralatan produksi maupun operasional perusahaan yang tidak sedikit. Dan disaat menjalankan bisnis tersebut, ada kalanya tidak mendapatkan untuk atau laba melainkan kerugian.

Ini yang harus dipahami oleh para pemula dalam berbisnis agar tidak melakukan kesalahan, Enam hal di bawah ini harus Anda hindari agar bisnis Anda tidak rugi.

1. Pemasukan mengalami penurunan

Pemasukan yang mengalami penurunan adalah hal yang wajar. Berbeda dengan pemasukan yang mengalami penurunan secara berturut-turut perlu diwaspadai.

Pintarlah menganalisis sehingga segala sesuatu yang menyebabkan pemasukan Anda mengalami penurunan dapat diketahui sebabnya. Oleh karenanya telitilah dalam mencatat keuangan.

2. Membayar tanpa berpikir panjang

Sebagai pelaku bisnis, telitilah dalam memilih supplier. Bandingkan harga dan kualitas yang ditawarkan masing-masijng supplier. Pilihlah yang memiliki kualitas tinggi dengan harga yang lebih murah.

Pengeluaran besar yang tidak diimbangi dengan hasil penjualan yang tinggi tentu akan membuat bisnis Anda mengalami kerugian..

3. Catatan Akuntansi Tidak Rapi

Walaupun tidak berlatar belakang pendidikan akuntansi, ketika Anda menjadi seorang pengusaha, setidaknya belajar sedikit mempelajari ilmu dasar akuntansi. Jika Anda tidak pandai mengatur keuangan, maka jangan heran jika bisnis Anda akan mengalami kemunduran atau bangkrut.

Bagi bisnis, semua pengeluaran dan pemasukan haruslah dicatat karena pembukuan adalah salah satu hal yang turut membantu Anda menghemat pengeluaran.

Buatlah rencana keuangan secara rinci atau manfaatkan perkembangan teknologi seperti SISCOM Accounting Software untuk memudahkan memantau keuangan Anda.

4. Bisnis jalan ditempat

Dengan membuat perencanaan, Anda akan tahu apa saja yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin baik. Tanpa perencanaan yang baik, bisnis tidak akan berjalan lancar.

5. Jumlah karyawan kelebihan

Apabila perusahaan mulai mengalami perkembangan, Anda akan membutuhkan karyawan baru. Yang perlu diingat adalah sesuaikan dengan pemasukan perusahaan. Jangan sampai jumlah karyawan yang Anda rekrut kebanyakan sehingga jumlah karyawan yang direkrut dan pemasukan menjadi tidak seimbang.

 

Blog
The latest blog.