Updates

Blog
22 Februari 2018
Faktor Penting Bisnis Ini Ternyata Pengaruhi Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan dan feedbacknya adalah hal yang paling penting saat Anda menjalankan bisnis. Apabila pelanggan Anda puas terhadap barang atau jasa yang Anda jual, mereka akan menjadi media promosi yang baik dan loyal. Pelanggan seperti ini akan merekomendasikan produk Anda pada orang lain tanpa diminta.

Dengan begitu produk atau jasa Anda akan dikenal dimana-mana serta aka nada banyak pelanggan baru berdatangan mencari produk Anda. Sehingga wajar saja banyak pengusaha yang mengutamakan tingkat kepuasan konsumen sebagai tolak ukur perkembangan bisnisnya.

Di bawah ini beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan.

1. Kualitas Produk

Produk yang berkualitas tinggi memberikan feedback berupa nilai tinggi dari pelanggan. Secara tidak langsung kepuasan pelanggan dapat dilihat ketika mereka membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Setiap pelanggan pasti mengharapkan produk yang mereka beli memiliki kualitas yang tinggi.

2. Harga Produk

Jika barang atau jasa Anda memiliki harga tinggi namun kualitasnya tidak bagus, pelanggan akan sangat kecewa. Begitupun sebaliknya, jika barang Anda memiliki harga yang rendah namun berkualitas tinggi, pelanggan akan sangat puas. Sesuaikan nilai sebuah barang dengan kualitas yang dimilikinya.

Buatlah riset tentang harga yang kompetitor Anda berikan, jangan lupa tambahkan harga produksi dan estimasi keuntungannya sehingga Anda tidak rugi.

3. Kemudahan

Cara berjualan pebisnis bermacam-macam. Ada yang memerlukan pengorbanan waktu dan tenaga seperti mengantri panjang untuk mendapatkan barangnya, namun ada pula yang mudah didapatkan.

Ada juga produk yang didapatkan dengan cara yang sangat rumit. Ingat, semakin mudah produk dalam mendapatkannya, semakin banyak juga penilaiannya.

4. Kualitas Pelayanan

Yang terpenting, kepuasan pelanggan sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan suatu bisnis. Belum tentu produk yang kualitasnya bagus namun pelayanannya buruk akan memiliki banyak pelanggan, begitupun sebaliknya. Semuanya berkaitan.

Dengan produk yang sama dan harga bersaing, pelanggan tentu akan lebih memilih yang pelayanannya terbaik. Jadi, dengan melakukan pelayanan terbaik, Anda sama saja dengan mengambil hati pelanggan.

 

Jika Anda adalah pelaku bisnis yang menjual produk maupun jasa, usahakan faktor-faktor diatas sudah terpenuhi. Pastikan Anda memiliki anggaran dan pengelolaan keuangan yang cukup baik sehingga Anda dapat melakukan riset harga produk diatas.

Gunakan selalu software akuntansi SISCOM Accounting Software sebagai penyedia jasa pengelola keuangan bisnis Anda. Dapatkan semua informasi SISCOM di sini.

Blog
The latest blog.