Updates

Blog
24 Februari 2018
Strategi Jitu Pilih Usaha Franchise Bagi Pebisnis Baru

Jika ingin membangun bisnis, Anda harus pandai memilah mana bisnis yang dapat menguntungkan. Jika Anda memiliki modal namun bingung untuk membangun usaha apa, pilihlah bisnis franchise. Dimana Anda hanya perlu menggunakan sebuah brand  tanpa perlu memikirkan segala sistem usahanya. Tetapi hati-hati, jangan sembarang memilih usaha franchise karena tidak semua usaha franchise menghasilkan untung besar.

Jika Anda memiliki modal tambahan yang dapat Anda gunakan untuk menambah strategi pemasaran usaha franchise Anda silahkan, namun jika Anda tidak punya dana tambahan, jangan sampai salah pilih usaha franchise.

Berikut beberapa strategi agar Anda tidak salah pilih.

1. Perhitungkan besarnya Franchise Fee dan Royalty Fee

Biaya untuk yang diperlukan untuk bisnis franchise dan royalty fee nya biasanya dibandrol dengan cukup besar dan beragam. Biasanya franchise bisnis di bidang jasa memiliki nilai 50% lebih besar dari nilai investasinya karena bisnis ini tidak menuntut kepemilikan aset namun lebih kepada penampilan, skill dan keterampilan.

Sedangkan pada umumnya sebuah franchise dengan nilai investasi besar akan memiliki biaya royalty fee yang kecil karena tidak membebani investor yang akan membeli.

2. Pelajari Laporan Keuangan Franchisor

Laporan keuangan biasanya selalu disertakan oleh Franchisor yang professional sehingga investor dapat menilai apa saja resiko bisnis tersebut sehingga dapat menjadi pilihan dan mencari jenis franchise lain, atau punya bstrategi lain untuk menghadapinya.

3. Perhatikan Risiko Bisnis

Semakin kecil resiko bisnis, berarti semakin baik bisnis tersebut karena bisnis yang baik biasanya beresiko kecil. Sebelum Anda yakin dan memutuskan untuk membeli usaha franchise di Indonesia, cobalah perhatikan seberapa besar tingkat kegagalannya. Terutama jika menyangkut dengan franchise baru.

Waspadai franchise yang tingkat kegagalannya lebih dari 20% dengan memperhatikan segala kemungkinan.

4. Hindari Franchise yang Punya Satu Produk

Jika usaha franchise yang akan Anda pilih hanya memiliki satu jenis produk, hati-hati. Pikirkan bagaimana seandainya produk tersebut sudah memiliki pesaing dan Anda akan ketergantungan dengan produk tersebut sehingga tidka memiliki alternative lain. Bisnis Anda tidak akan bergerak dan bisa saja bangkrut.

5. Hindari Franchise yang Butuh Banyak Karyawan

Jika modal yang Anda miliki terbatas dan tidak banyak, sebaiknya pilih bisnis franchise yang membutuhkan banyak karyawan, Hal inilah yang harus Anda pertimbangkan baik-baik. Apabila bisnis atau usaha Anda membutuhkan banyak karyawan, berarti membutuhkan biaya lebih banyak untuk menggaji maupun memberi dukungan kinerjanya. Selain itu, memilih bisnis dengan banyak karyawan juga rentan human error.

Untuk meminimalisir pengeluaran biaya Anda dalam menjalankan usaha, pilih SISCOM Accounting Software. Untuk dapatkan berbagai informasi lengkap, klik di sini

Blog
The latest blog.