Updates

Blog
26 Februari 2018
Peran dan Manfaat Entrepreneur Yang Anda Harus Tahu!

Wirausaha (entrepreneur) adalah orang yang melakukan kegiatan wirausaha dicirikan dengan berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya.


Seorang wirausahawan pemula biasanya menciptakan suatu bisnis baru dengan penuh ketidakpastian dan risiko yang besar. Tujuannya adalah untuk mencapai keuntungan serta pertumbuhan yang signifikan.

Kemampuan yang diperlukan oleh seorang wirausahawan adalah kemampuan dalam me-manage usaha termasuk memulai usaha, mengembangkan dan mengelola perusahaan.

Namun jangan salah, keterampilan lainnya juga penting jika Anda ingin memiliki perusahaan yang professional. Adapun keterampilan lain seperti membuat keputusan, manajemen, pembiayaan, akuntansi, produksi, control, dan negosiasi juga penting untuk membangun dan mengembangkan usaha baru.

Ciri-ciri yang dapat Anda ketahui dari seorang wirausahawan untuk mencapai tujuannya adalah sebagai berikut:

  1. Jujur dan Tekun
  2. Memiliki Sifat Pemimpin
  3. Percaya Diri
  4. Berani Ambil Risiko
  5. Orientasi Tugas dan Hasil

Sebagai seorang entrepreneur, Anda juga harus mengetahui peran Anda untuk mendukung program perekonomian dalam negara yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan Perekonomian Nasional

Sebagai seorang pebisnis, Anda akan terus berinovasi dalam menciptakan sebuah produk atau jasa yang akan Anda pasarkan dan tawarkan kepada masyarakat. Jika masyarakat tertarik, maka inovasi akan membuat permintaan pasar meningkat dan menyebabkan jumlah produksinya meningkat. Produksi ini secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan negara sehingga membantu meningkatkan perekonomian nasional.

2. Meningkatkan Lapangan Pekerjaan

Dengan membangun sebuah usaha, Anda memerlukan beberapa pendukung misalnya biaya, alat dan tenaga kerja. Di Indonesia jumlah pengangguran setiap tahun bertambah dan pemerintah semakin sulit mengatasinya. Jadi, dengan adanya bisnis Anda, turut membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan dan para pengangguran bekerja kembali.

3. Mengurangi Kesenjangan Sosial

Jika Anda menyediakan lapangan pekerjaan baru, Anda akan menghasilkan peningkatan dan pendapatannya dan membuat kesenjangan ekonomi dan sosial dapat ditekan dan dikurangi.

 

Untuk membantu Anda mengelola keuangan bisnis baru Anda, gunakan SISCOM Accounting Software. Info lebih lanjut, klik di sini

Blog
The latest blog.