Updates

Blog
27 Februari 2018
9 Pengguna Data Akuntansi Perusahaan Yang Harus Dipahami

Akuntansi adalah suatu bahasa yang digunakan untuk  berkomunikasi tentang informasi keuangan perusahaan antara perusahaan dengan pihak-pihak yang membutuhkan informasi. Akuntansi menyediakan seluruh informasi mengenai keadaan keuangan perusahaan. Jadi, kondisi perusahaan seperti apa, dapat dicermati dari informasi keuangan akuntansi tersebut.


Pihak-pihak tersebut biasanya dikenal juga dengan stakeholders. Tujuan stakeholders memperoleh informasi akuntansi dari perusahaan pun bermacam-macam yaitu ada yang sebagai informasi dasar ketika perusahaan lain ingin menanam modal, ada juga sebagai dasar untuk kerjasama proyek dan lainnya.

Pengguna informasi akuntansi dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu pengguna internal dan eksternal. Siapa sajakah pihak tersebut?

 

Pengguna Internal

Disebut sebagai pengguna informasi internal karena pengguna informasi ini berada di dalam perusahaan atau organisasi.

1. Pemilik Perusahaan (Pendiri, Founder, Owner)

Pendiri perusahaan menyediakan modal atau dana untuk jalannya perusahaan. Mereka memiliki kontrol penuh atas semua hal yang terjadi dalam perusahaan termasuk sistem dan laporan akuntansi.

Pemilik perusahaan ini selalu mengawasi dan mengevaluasi rekening perusahaan dari awal tahun berjalan dan juga membantu untuk menentukan jumlah goodwill dan penilaian berbagai jenis pajak.

2. Top Manajemen

Manajemen perlu mengetahui akuntansi keuangan untuk mengevaluasi apakah bisnis yang dijalankan menghasilkan keuntungan atau tidak. Akuntansi adalah perantara manajemen dalam melihat kondisi perusahaan.

3. Karyawan

Ukuran laba yang diperoleh menjadi sumber bagi bonus, insentif dan tunjangan karyawan perusahaan. Seluruh pekerja mengharapkan gaji tetap untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.Permintaan kenaikan upah, bonus dan kondisi kerja yang lebih baik dan lain-lain tergantung perusahaan. Oleh karena itu, karyawan membutuhkan informasi akuntansi untuk terkait hal yang berhubungan dengan upah serta kesejahteraan mereka

 

Pengguna Eksternal

Disebut sebagai pengguna informasi eksternal karena pengguna informasi ini berada di luar perusahaan atau organisasi.

1. Pemegang Saham (Investor)

Seorang calon investor yang ingin menanamkan modalnya ke dalam suatu perusahaan ingin melihat kemajuan dan kemakmuran perusahaan sebelumnya dan ke depannya. Informasi akuntansi berguna untuk para investor yang ingin mengetahui keamanan investasi di perusahaan tersebut.

2. Pemegang Kebijakan (Pemerintah)

Pusat pemerintah dan negara tertarik dengan laporan keuangan untuk mengetahui berapa pendapatan perusahaan dengan tujuan menghitung jumlah pajak yang harus dibayarkan.

3. Kreditur

Orang yang memberi pinjaman uang, orang yang memasok barang secara kredit atau bank disebut dengan kreditur. Informasi akuntansi berguna untuk mereka sebagai informasi mengenai kesehatan keuangan perusahaan sebelum memutuskan memberikan kredit. Informasi akuntansi yang paling berguna bagi kreditur adalah informasi mengenai peningkatan laba dan minimnya kerugian.

4. Pelanggan

Kelompok pelanggan tertarik dengan informasi ini karena dengan mengetahuinya mereka akan paham bentuk pengendalian akuntansi perusahaan, yang pada waktunya akan mengurangi biaya produksi sehingga beban mereka untuk membeli produk tersebut juga berkurang.

5. Lembaga Keuangan

Sebagai pemberi pinjaman untuk bisnis, lembaga perbankan dan juga keuangan berhak mengetahui kelayakan persyaratan kredit dari perusahaan. Mereka berhak untuk menganalisa profitabilitas perusahaan, likuiditas dan posisi keuangan sebelum membuat pinjaman kepada perusahaan.

6. Otoritas Pajak

Kredibitas pajak suatu perusahaan ditentukan oleh perusahaan itu sendiri. Untuk menentukan kredibilitas pajak, diajukanlah persyaratan pajak atas nama perusahaan.

Oleh karena itu, pencatatan aliran keuangan, informasi laba rugi, hutang perusahaan dan piutang perusahaan hingga laporan keuangan perusahaan sangat penting karena bermanfaat bagi banyak pihak. 

Untuk mempermudah Anda menyusun laporan keuangan, gunakan program akuntansi SISCOM Accounting Software. Informasi akuntansi berupa persediaan barang perusahaan, retur penjualan dan pembelian, catatan atur keluar masuk barang (FIFO), keuntungan dan kerugian perusahaan, dapat dengan cepat Anda peroleh. 

Info lebih lanjut, klik di sini. 

Blog
The latest blog.