Updates

Blog
01 Maret 2018
8 Manfaat Penting Software Akuntansi untuk Meningkatkan Omzet Perusahaan

Omzet penjualan adalah jumlah uang hasil penjualan barang (dagangan) tertentu selama suatu masa jual. Omzet kerap juga disebut dengan pendapatan kotor. Istilah pendapatan kotor dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh masih secara keseluruhan, belum dikurangi dengan biaya-biaya produksi lain. Omzet yang sudah dikurangi dengan biaya lain dinyatakan sebagai profit atau keuntungan.

Namun, masalahnya untuk mendapatkan omzet penjualan yang tinggi bukanlah sebuah hal yang bisa serta merta datang tanpa usaha apapun dari perusahaan. Harus ada langkah-langkah ataupun tahapan yang diperlukan sebagai konsekuensi dari target kita untuk mendapatkan omzet penjualan yang tinggi.

Menaikkan omzet penjualan tidak terlepas dari seluruh aspek termasuk dengan penggunaan software akuntansi untuk pencatatan transaksi keuangan perusahaan. Software akuntansi adalah sebuah program atau aplikasi yang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga mempermudah dan mempercepat perhitungan kondisi keuangan perusahaan Anda.

Adapun laporan keuangan perusahaan meliputi perhitungan laporan keuangan, neraca, laba rugi, jurnal umum dan isi laporan lainnya.

Sebelum adanya software akuntansi, seorang akuntan  harus melakukan semua pekerjaan secara manual ataupun menggunakan bantuan Microsoft Excel. Dan cara kerja seperti ini tentu sangat tidak efisien dan efektif.

Oleh karena itu, dengan adanya software akuntansi, pekerjaan seorang akuntan akan lebih cepat dan juga mudah. Pekerjaan yang cepat itu sama saja menghemat biaya dan dapat meningkatkan omzet perusahaan.

Berikut adalah 8 manfaat yang dapat Anda rasakan jika menggunakan software akuntansi :

  1. Meminimalisir potensi kesalahan penghitungan
  2. Memungkinkan pekerjaan laporan keuangan dalam waktu yang singkat
  3. Proses perbaikan kesalahan input data lebih mudah dan tidak perlu memulai dari awal
  4. Efisiensi pekerjaan meningkat
  5. Keseluruhan proses akuntansi berjalan secara otomatis
  6. Akuntan hanya perlu input data dan transaksi kedalam program
  7. Menyediakan data secara akurat sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan bisnis yang tepat
  8. Dapat mengetahui kondisi keuangan bisnis secara real time setiap saat.

Omzet adalah salah satu hal yang penting saat menjalankan bisnis. Semakin besar omzet penjualan Anda, maka semakin besar keuntungan yang Anda peroleh. Saat Anda mendapatkan keuntungan, maka bisnis Anda akan tetap berjalan.

Fungsi software akuntansi dapat menaikkan omzet perusahaan melalui data yang dihasilkan seperti berikut:

  1. Mengontrol keuangan bisnis. Sebagai pebisnis Anda harus paham bagaimana cara mengontrol keuangan bisnis Anda melalui software akuntansi. Anda akan mampu mendeteksi masalah lebih dini. Selain itu, dengan cara seperti ini juga dapat menjadi bahan evaluasi kinerja perusahaan sehingga dapat lebih baik kedepannya.
  2. Membandingkan angka-angka keuangan di masa lalu dan sekarang. Hal terbaik saat mengamati keuangan bisnis Anda adalah dengan cara membandingkan angka keuangan bisnis sekarang dan sebelumnya.

Dengan informasi ini, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai area mana yang dapat dilakukan perbaikan atau yang telah menyebabkan peningkatan sehingga Anda dapat memperoleh peningkatan omzet.

Untuk itu, gunakan Soffware Akuntansi SISCOM yang dapat menjadi salah satu cara bagi Anda untuk meningkatkan omzet perusahaan. Data akuntansi yang lengkap dan akurat membuat Anda dapat mengambil keputusan yang tepat. 

Blog
The latest blog.