Updates

Blog
26 September 2018
5 Cara Ini Buat Ide Kreatif Anda Jadi Uang

Jika Anda ingin membangun usaha, tentu Anda harus mencari cara terbaik memulai usaha. Ada banyak sekali stratregi yang dapat Anda terapkan guna mengembangkan bisnis Anda. Salah satunya adalah strategi Marketing Mix.

Marketing Mix adalah salah satu strategi pemasaran yang menggabungkan elemen-elemen di dalam marketing mix itu sendiri yang kita jalankan secara terpadu. Strategi marketing mix ini tidak dapat terlepas antar satu dan yang lainnya.

Marketing mix terdiri dari 4P yaitu :

1. Product (Produk)

Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik semacam makanan dan buku maupun yang bersifat digital berupa aplikasi dan sebagainya). Produk ini juga termasuk jasa maupun layanan yang dapat ditawarkan oleh perusahaan Anda. Produk atau jasa yang dihasilkan haruslah memiliki kualitas dan keunikan yang mampu meningkatkan daya saing produk atau jasa tersebut di pasaran. 

2. Price (Harga)

Harga yang dimaksud adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh user atau klien Anda untuk mendapatkan produk yang Anda tawarkan. 

3. Place (Tempat)

Berbagai kegiatan atau upaya apapun yang dilakukan oleh perusahaan untuk membuat produk atau jasanya mudah diperoleh atau tersedia di tangan konsumen maupun pelanggannya.

4. Promotion (Promosi)

Promosi yang dimaksud adalah sebuah upaya persuasi (bujukan atau dorongan) untuk mengajak para konsumen maupun calon konsumen untuk membeli (atau menggunakan) produk maupun jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

 

Dari formula marketing mix diatas, dapat Anda lihat bahwa yang paling menentukan produk. Berikut adalah beberapa ide atau inspirasi kreatif yang mungkin bisa Anda jual:

a. Bunga Kertas

Bunga mainstream digunakan sebagai pernyataan perasaan kepada pasangan ataupun orang terdekat. Namun trend memberi bunga asli nampaknya sudah mulai menurun karena bunga butuh perlakuan khusus dan pada akhirnya bunga tersebut menjadi kering atau mati. Akibatnya, popularitas bunga asli menurun dan saat ini orang lebih memilih bunga kertas karena awet dan tanpa perlakuan khusus. Dengan ide yang sederhana ini, kalian bisa menghasilkan uang, mengingat banyaknya permintaan bunga pada acara – acara tertentu.

b. Catering Diet Food

Di Kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung, ritme pekerjaan lebih dinamis. Banyak pekerja yang cenderung malas untuk memasak namun ingin hidup sehat. Salah satu solusinya adalah dengan membeli makanan catering yang praktis dan menyediakan menu-menu dengan beragam pilihan.

Ini sangat membantu seluruh kalangan mulai dari orangtua, hingga anak muda, untuk memenuhi asupan harian tubuh. Menu yang biasanya disajikan berupa nasi merah, ayam panggang dan tumis sayur. Dari segi harga, memang diet food seperti ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan catering biasa, namun ini sangat diminati saat ini oleh berbagai kalangan.

c. Frame foto

Foto atau gambar adalah salah satu cara untuk mengabadikan momen terbaik dalam hidup Anda.Salah satu ide kreatif yang patut Anda coba adalah dengan membuat konsep frame yang berbeda dari yang lain. Ini bisa dijadikan penghasilan karena peminatnya cukup banyak.

d. Cafe Unik

Waktu yang tepat mengerjakan tugas ataupun mengerjakan pekerjaan lembur selain di kantor ataupun kampus, adalah Cafe atau tempat nongkrong yang menyediakan camilan hingga hidangan besar. Oleh karenanya, saat ini banyak pemilik cafe yang mendesain sedemikian rupa cafe miliknya agar para pengunjung menjadi nyaman dan betah berlama-lama di cafe tersebut. Selain WiFi dan jenis masakan, tempat yang Instagrammable juga menjadi salah satu pilihan yang paling ramai dikunjungi karena pelanggan berlomba untuk update di media sosial.

e. Jasa cuci mobil ke rumah

Ide ini bisa dibilang paling jarang dilakukan, namun cukup unik. Anda bisa menghasilkan dengan jasa cuci mobil dirumah. Berbeda dengan konsep pada umumnya, cuci mobil ini justru datang ke rumah pemilik mobil dan dengan biaya yang terjangkau. Tentu ini sangat membantu.

Agar bisnis Anda dapat terhindar dari risiko-risiko diatas, sebaiknya gunakan SISCOM Accounting Software yang dapat menghitung keuangan Anda secara otomatis. Seluruh data yang Anda miliki juga dapat dengan mudah diakses melalui cloud dari manapun dan kapanpun. Info lebih lanjut, klik disini.

(Editor: Media Indah, Penulis: Calvin Octavian)

Blog
The latest blog.