Updates

Blog
27 September 2018
Tips Cerdas Kelola Usaha Secara Mandiri

Sebuah usaha dapat dicerminkan melalui status keuangannya. Bisnis atau usaha yang bisa mengelola keuangannya dengan baik akan maju lebih cepat daripada yang keuanganannya tidak baik. Hal ini disebabkan setiap pebisnis harus memahami cara mengelola agar bisnis yang dijalankannya bertumbuh dengan pesat.

Bagi setiap pengusaha, keuangan menjadi masalah yang sangat krusial, apalagi jika usaha tersebut baru dirintis. Usaha baru tentu membutuhkan ketelitian dalam mengendalikan pemasukan dan pengeluaran tiap prosesnya. Berikut langkah yang harus Anda lakukan agar keuangan usaha Anda dapat dikendalikan.

 

1. Buat rencana proporsi keuangan disetiap sektor usaha.

Saat Anda membangun sebuah usaha, Anda harus menentukan seberapa besar biaya yang Anda butuhkan pada setiap bagian untuk menjalankan usaha. Anda harus mampu mempertimbangkan masing-masing kebutuhan biaya sehingga pengeluiaran bisa lebih efisien dan terkendali. Biasanya perusahaan mengeluarkan biaya besar untuk operasional dan penggajian karyawan. Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis, Anda harus bijak dalam mengelola pemasukan.

 

2. Periksa pengeluaran per periode

Anda harus memeriksa secara berkala seluruh transaksi setiap periode. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa membandingkan besarnya pemasukan dan pengeleluaran serta melihat sumber pengeluaran biaya perusahaan Anda.

 

3. Pisahkan dari Keuangan Pribadi

Ketika memulai sebuah usaha, pastikanlah bahwa Anda memiliki rekening khusus untuk menyimpan uang untuk keperluan usaha tersebut. Jangan sampai menggabungkan keuangan pribadi dan keuangan khusus usaha yang Anda miliki.

 

Hal ini dikhawatirkan, laba yang harusnya bisa menjadi pengembangan usaha, malah habis Anda gunakan untuk kepentingan pribadi. Sebelum semuanya terlambat, sebaiknya Anda mulai membuat rekening baru untuk menyimpan hasil usaha.

 

4. Tingkatkan profit

Keuntungan suatu usaha adalah hal yang mutlak didapatkan oleh perushaan baru ataupun yang sudah lama berdiri. Besar keuntungan yang didapat akan mencerminkan semakin baik juga pengelolaan sebuah perusahaan. Kembangkan usaha Anda dan carilah keutungan sebanyak mungkin. Pastikan lokasi cabang Anda strategis.

 

5. Alokasikan keuntungan dengan bijak

Ketika Anda sudah memperoleh keuntungan dalam usaha Anda. Jangan hanya bisa menimbun keuntungan di rekening perusahaan saja. Lebih baik Anda lakukan perputaran kas dengan berbagai cara, misalnya dengan investasi.

 

6. Sebisa mungkin hindari utang

Jika perusahaan memiliki banyak utang, tentu keuntungan yang tiap bulannya perusahaan peroleh harus dialokasikan untuk membayar utang. Belajar bijak dalam mengendalikan uang.

 

Oleh karena itu, gunakan software akuntansi SISCOM Accounting Software yang dapat menjadi salah satu cara bagi Anda untuk mengatur keuangan Anda. Data akuntansi yang lengkap dan akurat membuat Anda dapat mengambil keputusan yang tepat. 

Blog
The latest blog.