Updates

Blog
04 Oktober 2018
Pebisnis Pemula Wajib Tahu 5 Faktor Penyebab Omzet Menurun

Banyak yang beranggapan, bahwa saat orang berbisnis pakaian, resto, cafe, hingga jasa adalah bisnis yang mendapatkan jumlah keuntungan yang banyak. Namun pada kenyataannya untuk meraih omzet penjualan yang besar tidak semudah yang dipikirkan. Apalagi bagi seseorang yang baru saja memulai bisnis seperti Anda.


Ada fase saat bisnis berada di puncak kejayaan dan meraup banyak keuntungan dengan seluruh produk habis terjual dan laris manis dipasaran. Namun ada kalanya juga bisnis tersebut berada di posisi bawah yang artinya ada kendala sehingga penjualan tidak semaksimal seperti sebelumnya bahkan mengalami penurunan dari hari ke hari.

 

Mengapa Omzet penjualan menurun ?

Sebagai pebisnis pemula jangan sampai Anda tidak peka terhadap penyebab adanya penurunan omzet penjualan. Bila Anda tidak ingin mengalami kerugian besar, yuk simak 5 faktor penyebab yang perlu Anda ketahui.

 

1. Kualitas produk menurun dari biasanya

Hampir semua pebisnis pemula, berfokus pada keuntungan di awal dan tidak mementingkan hal lainnya. Misalnya yang paling sering dilakukan adalah menurunkan kualitas produk dengan mencari bahan baku dengan kualitas lebih rendah dari biasanya.

Tips untuk Anda, pilihlah bahan dasar yang memiliki kualitas baik dengan cara membandingkan antara bahan dasar satu dan yang lainnya. Setelah itu rincikan modal awal mulai bahan, operasional dan lain sebagainya kemudian tetapkan harga jual. Dari hasil perhitungan tersebut dapat dilihat berapa persen keuntungan yang dapat Anda peroleh. Hal penting lainnya adalah untuk survei terjun kelapangan guna membandingkan harga jual di pasaran.

 

2. Harga produk terlampau mahal

Harga yang ditetapkan dalam proses jual beli adalah hal yang sensitif. Sebagai pebisnis juga tidak ingin mendapat keuntungan yang sedikit dalam proses jual beli barangnya. Bahkan ada pebisnis yang harganya terlampau tinggi tanpa melihat harga pasaran suatu produk.

 

3. Tidak kreatif dalam menciptakan produk

Sosok pengusaha, identik dengan orang yang memiliki kreatifitas dan inovasi. Namun, tidak sedikit pengusaha yang minim kreativitas dalam menciptakan produk dan hanya bisa menduplikasi produk-produk yang sudah ada. Ini menjadi hambatan besar pengusaha tersebut untuk maju.

Tipsnya adalah, jika Anda menginginkan usaha Anda berjalan baik dan mendapatkan omzet yang banyak. Sebagai pebisnis haruslah cerdas dalam melihat peluang pasar. Jual produk atau jasa yang menjadi kebutuhan masyarakat namun dengan menambahkan kreativitas dan inovasi terbaru kedalam produk atau jasa yang Anda jual.

 

4. Layanan yang diberikan tidak memuaskan

Pelanggan adalah Raja. Itu adalah hal yang harus Anda ingat dan terapkan saat berdagang. Pelayanan yang tidak memuaskan menjadi salah satu penyebab omzet menurun. Walaupun ini adalah hal yang remeh, namun pelayanan adalah kunci utama.

Jangan sesekali tidak sopan, menyinggung hati pelanggan ataupun memberikan pelayanan buruk kepada pelanggan, sehingga pelanggan tidak berbelanja kembali di toko Anda. Bersikaplah professional. Buatlah pelanggan memiliki keinginan datang kembali ke toko Anda.

 

5. Kurang memaksimalkan media sosial

Media sosial adalah media yang sangat ampuh untuk mencari pelanggan, tapi yang perlu diingat jangan sampai terlalu sering mengunggah sesuatu. Ini tidak membuat pelanggan Anda meningkat, pelanggan bisa saja bosan terhadap postingan Anda.

Tips dari kami adalah, maksimalkan media sosial dengan melakukan pemasaran yang tepat sasaran. Selain mengunggah foto produk yang menarik, tak ada salahnya mengunggah pro-promo menarik sehingga banyak pelanggan yang datang.

 

Walaupun persaingan bisnis saat ini cukup ketat, Anda sebagai pebisnis pemula, jangan sampai menyerah dan khawatir takut kalah. Jangan takut dan selalu asah terus kreatifitas. Selain itu,sebagai pebisnis pemula, Anda sebaiknya menggunakan program akuntansi SISCOM yang dapat membantu Anda mengelola pembukuan keuangan usaha Anda sehingga keuangan bisnis Anda terkontrol. Klik disini

Blog
The latest blog.