Updates

Blog
10 Oktober 2018
5 Cara Mengelola Persediaan Barang Agar Lebih Efektif dan Efisien

Persediaan stok atau inventori adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah perusahaan, apalagi perusahaan tersebut bergerak di bidang penjualan produk atau retail. Manajemen inventori harus benar-benar dilakukan dengan teliti agar Anda dapat melakukan perubahan dan inovasi baru.


Berikut ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar manajemen inventori bagi perusahaan Anda berjalan dengan baik.

1. Buatlah perencanaan yang baik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah perencanaan yang baik. Setelah memiliki perencanaan yang baik, Anda dapat menentukan berapa stok persediaan yang ada di gudang sebagai tolak ukur perusahaan.

Untuk membuat perencanaan yang baik, Penting bagi Anda untuk memahami dasar-dasar manajemen persediaan misalnya dengan mencatat barang keluar dan masuk, serta kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan atau menambah stok barang.

2. Buat produk harus tetap dalam keadaan optimal

Setelah cara diatas dilakukan, cara kedua yang dilakukan adalah dengan menjaga kondisi barang tetap dalam keadaan terbaik. Pastikan kondisi barang dalam keadaan cukup untuk dijual dan juga safety stock. Dengan kata lain, stok dalam jumlah aman dibutuhkan sebagai persediaan jika pembelian atau pengadaan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Perhatikan juga jumlah ideal barang yang dipesan dan biayanya dari barang tersebut. Karena, jika Anda memesan banyak barang, maka harga barang otomatis akan turun. Namun yang mesti Anda pikirkan adalah biaya penyimpanan akan meningkat. Oleh karena itu, menjaga barang dengan kondisi terbaik sama dengan menekan biaya lain yang semakin hari terus membengkak. Apalagi barang terus menumpuk dalam jumlah yang melimpah di gudang.

3. Klasifkasikan barang berdasarkan jenis dan status

Supaya produk yang Anda miliki tidak saling tercampur antar satu dan yang lain, Anda harus mengklasisifkasikan barang tersebut berdasarkan status dan jenis barangnya. Ini dilakukan agar Anda lebih mudah dan cepat dalam mencari barang-barang yang dibutuhkan sewaktu-waktu. Jadi, Anda tidak perlu susah mencarinya lagi.

Selain memisahkan barang berdasarkan jenisnya, pisahkan juga barang tersebut berdasarkan status barang dengan membuat tanda tertentu yang dapat memudahkan Anda untuk mengenali barang tersebut. Misalnya dengan memberi warna yang berbeda-beda terhadap barang yang statusnya baik, kurang baik hingga barang pecah belah.

4. Lakukan evaluasi secara berkala

Selain cara diatas, untuk meningkatkan manajemen inventori juga dengan cara mengecek satu persatu barang secara berkala dan teratur misalnya secara harian, mingguan dan bulanan. Selain jumlah, hal yang perlu Anda perhatikan saat audit adalah dengan mengecek kondisi barang, karena apabila barang dalam kondisi tidak baik atau rusak. Anda akan segera mengetahuinya dan juga masalah dapat segera diatasi.

Selain jumlah yang ada, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi barang. Misalnya saja kondisi barang yang sebelumnya baik namun setelah dievaluasi kembali kondisinya berubah menjadi kurang baik, hal ini akan sangat mempengaruhi nilai jumlahnya.

5. Gunakan software yang mempermudah pengecekan barang

Dibutuhkan ketelitian dan keakuratan dalam mengevaluasi dan mengecek pengelolaan sebuah usaha. Hal ini akan memakan banyak waktu dan biaya apabila Anda dan perusahaannya melakukannya secara manual.

Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan software manajemen inventori yang dilengkapi beberapa fitur yang mendukung perusahaan. Adapun fitur-fitur yang perlu ada di software akuntansi adalah manajemen order, manajemen servis, sistem tracking asset, untuk melacak produk di gudang melalui sistem scan barcode.

Adapun salah satu software yang bisa Anda gunakan adalah SISCOM Accounting. Beberapa keunggulan yang dapat Anda dapat Anda peroleh adalah biaya yang lebih murah, keamanan data terjamin, dan data yang selalu bisa kapan saja di update terkait manajemen persediaan Anda.

 

Ingin tahu info lebih lengkap ? klik disini.

Blog
The latest blog.